Doel Wahab (84) atau kerab disapa dengan Mbah Doel menyelesaikan pembuatan kepala Barongsai. Beliau telah mulai membuat Barongsai secara otodidak sekitar tahun 1991, sejak pensiun dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Yogayakarta.

Diusianya yang kini tidak lagi muda Mbah Doel tidak lagi mampu menerima pesanan Barongsai dalam jumlah banyak. Biasanya pesanan mulai Banyak pada hari-hari besar seperti perayaan Imlek.

Istri Mbah Doel setia menunggu suaminya saat bekerja yang juga merupakan rumah sekaligus tempat berjualan dagangan di salah satu pasar di Kemetrian Kidul, Yogyakarta.

Selain membuat Barongsai Mbah Doel juga membuat Liong dengan ukuran kecil yang biasanya untuk anak-anak.

Mbah doel membenahi kepala naga buatannya. Selain membuat Barongsai dan Liong, Mbah Doel juga membuat sebuah kelompok Naga Barongsai dengan nama "Isaku Iki" berasal dari bahasa Jawa yang jika diartikan Bisaku ini.

Selain dijual dipasar (Rumah Mbah Doel), Barongsai dan Liong ini juga di jual di beberapa sudut kota Jogja ini salah satunya disekitaran Alun-alun Utara, Yogyakarta. Walaupun kesenian Barongsai dan Liong bukan asli berasal dari Indonesia, namun saat ini telah menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia, yang juga sering tampil dalam berbagi acara.

No comment yet, why not you be the first one.
0.00
Unranked
3
shares
ProudProud0%
SadSad0%
ExcitedExcited0%
IndifferentIndifferent0%
InspiredInspired0%
AmazedAmazed0%

SCORING No voter yet

Related Saga

Melasti
Unranked
0
Tasty Indonesian Culinary
Unranked
0